Hati-hati Pengguna BCA

Sudah baca majalah Underground Info ? Di majalah itu ada artikel yang ditulis oleh S’to tentang XSS di halaman login klikbca.com. Dalam tulisan ini saya bahas lebih jauh lagi dan saya berikan contoh exploit yang cukup berbahaya dari vulnerability yang ditemukan S’to di majalah tersebut.
Maaf artikel ini bukan XSS basics, tentang apa itu XSS nanti saya akan bahas di artikel khusus.

Sebenarnya XSS termasuk bug yang gawat dan susah diantisipasi, namun XSS juga bug yang paling sering diremehkan. Karena berbeda dengan bug lain seperti SQL Injection yang menyerang server, bug ini tidak berpengaruh sama sekali terhadap server. XSS hanya menyerang client, yaitu pengguna web application.

Mungkin mereka berpikir apa sih hal terburuk yang bisa menimpa server dengan XSS? Memang tidak secara langsung, namun ingat satu bug bisa di-exploit dengan 1001 macam cara yang semakin lama semakin efektif. Anda akan terkejut menyadari bahwa bug “seremeh” ini ternyata bisa diexploit sedemikian rupa.

The Vulnerability

xss bug

Bug XSS ini akan muncul bila kita memasukkan username dan password yang salah. Ketika kita salah mengisi password, maka akan muncul dialog box yang memberitahu bahwa password kita salah.

URL ketika password kita salah adalah:

https://ibank.klikbca.com/authentication.do?value(actions)=logout&value(strError)=Mohon masukkan User ID/Password Anda yg benar \n (Please enter Your correct User ID/Password)

URL tersebut akan menghasilkan source html sebagai berikut:
<script>
var err=‘User ID harus Alpha Numerik/User ID must be Alpha Numeric’
alert(err);
iBankForm.action=‘login.jsp’;
iBankForm.submit();
script>

Perhatikan bahwa setelah var err ditutup dengan karakter kutip (’). Jadi kalau kita ingin meng-injeksikan tag html atau javascript lain, kita harus tutup dulu dengan karakter (’). Mari kita coba untuk menampilkan dialog box berisi cookie dengan URL berikut:

https://ibank.klikbca.com/authentication.do?value(actions)=logout&value(strError)=TEST';alert(document.cookie); -

  • PULSA MURAH - PULSAGRAM TEMPAT NGISI PULSA MURAH SEKALIN BISNIS TERMURAH CEPAT G R A T I S
  • VISI DAN MISI - *VISI & MISI* *SD NEGERI JAKAPURWA 2* Dengan Imtak dan Iptek, SDN Jakapurwa 2 mengantarkan siswa menjadi generasi muda yang “*TANGGUH*” dan terunggul d...
  • Ini Apa Ya ? - Coba Tebak ini apa.....? Subhanallah
  • Satu Kesulitan Tidak Mungkin Menang Melawan Dua Kemudahan, Tetap Optimis! - Rumaysho.Com - Mengenal Ajaran Islam Lebih Dekat Ingat, kita harus optimis ketika hadapi masalah. Satu kesulitan tidak mungkin mengalahkan dua kemudahan....
  • Chating

    Apa Ya....?